Menristekdikti Targetkan Kuota Penerima Beasiswa Bidikmisi Terus Meningkat

Menristekdikti Targetkan Kuota Penerima Beasiswa Bidikmisi Terus Meningkat
Menristekdikti Targetkan Kuota Penerima Beasiswa Bidikmisi Terus Meningkat. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan kuota penerima bantuan biaya pendidikan atau beasiswa Bidikmisi terus meningkat. Dari tahun ke tahun, kuota penerima memang bertambah.
Pada 2014, mulai dari 199.408 mahasiswa kemudian menjadi 339.348 mahasiswa pada 2017. “Target kami pada tahun 2018, penerima Bidikmisi sebanyak 368.961 mahasiswa,” ujarnya dalam diskusi bertema Kebijakan Peningkatan Kesejahteraan dan Kebijakan Afirmatif di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (23/10).
Peningkatan kuota Bidikmisi dikatakan sebagai komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM). Sekalipun menunjukkan keberpihakan pemerintah bagi kalangan tidak mampu untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.
Menurut Nasir, Bidikmisi merupakan sebuah program afirmasi pendidikan tinggi, yang bertujuan untuk memutus rantai kemiskinan masyarakat di Indonesia.
“Melalui program afirmasi ini, putra-putri bangsa yang memiliki potensi akademik dan berasal dari kalangan tidak mampu akan mendapatkan pembiayaan penuh untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta,” tutur dia.
Nasir menerangkan, biaya pendidikan penerima Bidikmisi juga menerima uang saku bulanan untuk kebutuhan sehari-sehari. Hal itu bertujuan untuk meringankan beban orang tua penerima bidikmisi yang berasal dari kalangan tidak mampu.
Nasir juga menambahkan, penerima Bidikmisi menunjukkan prestasi akademik yang menggembirakan di perguruan tinggi. Sebanyak 82,83 persen penerima Bidikmisi memperoleh IPK diatas 3,00.
“Alumni Bidikmisi juga menunjukkan prestasi menggembirakan, baik bekerja di perusahaan swasta, BUMN, Guru maupun yang berwirausaha,” pungkas Nasir.

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Atau Fakta Jika Rutin Konsumsi Teh Hijau Bikin Awet Muda?

Kemendikbud Libatkan Veteran Dalam Program Penguatan Pendidikan Karakter

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Kepala Karena PPOK?